Rabu, 02 September 2020

My Experience for Joining a Short Course in Creative Writing English with TBI

 



Hallo kawan-kawan my story life, kembali lagi dengan michell. Kali ini aku mau cerita mengenai pengalamanku mengikuti short course for creative writing english dari The British Institute bekerjasama dengan Komunitas ISB selama 3 hari. Kita dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi serta sertifikasi Internasional. Aku diajarin cara mereview produk, restoran dan story telling. 


The British Institute (TBI)


The British Institute, didirikan pada 18 Februari 1984. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa Inggris. TBI adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan dan pertama di Indonesia dengan mutu & kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Dalam mempertahankan komitmen dan mengembangkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kualitas belajar dan mengajar. 


TBI memastikan bahwa para pengajar memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standar internasional. Diharapkan agar TBI terus menjadi pilihan utama bagi seluruh sumber daya manusia yang memiliki mimpi untuk sukses di kehidupan sosial dan menghadapi persaingan global yang semakin luas. Menguasai kemampuan berbahasa Asing terutama Bahasa Inggris sebagai 2nd language, pastinya akan menjadi nilai lebih yang bisa dipergunakan seumur hidup.


TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages), dan ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.


Aku senang sekali karena berkesempatan untuk ikut kelas yang dapat mengasah kemampuan kita terutama dalam penulisan artikel menggunakan bahasa inggris.


Day 1, August 24 2020


Hari pertama, pada tanggal 24 Agustus 2020, aku bersama kawan-kawan diberikan arahan mengenai bagaimana sih cara mereviu produk dengan baik dan benar bersama dengan Mrs.Grace Marcellina P.

Sebagai customer ga luput yang namanya review mau di toko online, marketplace, e-commerce pasti kalo abis belanja wajib nulis review/komentar ke toko hihihi termasuk aku salah satunya.

Biasanya ada dua poin di dalam sebuah komentar yakni positif dan negatif. Itupun tergantung dengan pelayanan/produk yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi kita.

Mrs.Grace menjelaskan bahwa dalam bahasa inggris juga ada nihh yang seperti ini contohnya. 

Postive point: well-designed, fashionable, comfortable, highly recommended, worth the money, good for the whole family, looked nice, i like the colour.

Negative point: price was very reasonable,  the only problem was, i was disappointed with it, i dont recommend this, not good value for money.

Kemudian Mrs Grace menjelaskan bahwa dalam penulisan customer review sendiri biasanya menggunakan Present Simple Passive, Past Simple Passive, and Adjective. 


Day 2, August 25 2020


Selanjutnya pada tanggal 25 Agustus 2020. Kita diberikan materi mengenai restaurant review oleh Mrs.Irtishellia Marhadi. Untuk mereviu restoran sendiri melihat beberapa aspek mulai dari service/pelayanan, food/makanan, dan atmosphere/suasana.


Sebagai contoh saat ingin mereviu restoran H*ka-h*ka Bento kita dapat melihat service: Attentive Friendly, fast service and satisfying. For food in H*ka-h*ka Bento are Tasty Lots of food choices and hygienic and also for the place is Clean,Friendly for family and kids, Cozy, Fits the Indonesian tongue.


Disela-sela kelaspun kita dapat berinteraksi secara langsung baik dengan teacher maupun peserta kelas bahkan kami diberikan waktu untuk berdiskusi dengan breakout room dalam aplikasi google meet. Jadi kita bebas mengekspresikan ide dan opini kita terkait materi yang diberikan.


Day 3, August 26 2020


Terakhir di tanggal 26 Agustus 2020, merupakan hari terakhir dari short course TBI yang kembali diberikan materi oleh Mrs.Irtishellia Marhadi. 


Hari terakhir menjadi hari yang paling seru menurutku karena kita lebih banyak untuk berdiskusi bersama peserta lainnya dalam break out room hihihi. 


Kami dibagi menjadi 3 grup dan dalam 1 grup terdiri dari 3-4 orang. Aku mendapat grup 1 bersama dengan Mba Zhea, Mba Wida, dan Mba Triana. 


Kami diberikan tugas oleh Mrs.Irtishellia untuk menyusun kata-kata ataupun kalimat Present Simple Passive, Past Simple Passive, Present Simple and Adjective yang disiapkan dalam bentuk games interaktif. Jadi kita lebih banyak ke conversation and give an opinion untuk menyelesaikan tugas tersebut. 


Selain itu, kembali lagi ke materi menulis article yaitu how to review. Dan ternyata dalam review sendiri memiliki beberapa komponen seperti: 

1. Advantages-positive aspects

2. Disadvantages-negative aspects

3. Recommendation

4. Details: materials, atmosphere, price

5. Know the audience

6. Honesty

7. Persuasive language


Pokoknya seru banget. This course is really attractive. It help us to improve our knowledge about creative writing on english. We can share our opinions about past and present simple sentence with other participants.Indirectly, we can know each other bydoing fun activities in the course.Hihihi.

Ouh iya untuk setiap harinya, kita diberikan tugas guna meningkatkan   kemampuan menulis dalam bahasa inggris. Dan tidak perlu khawatir tugas tersebut akan dikoreksi oleh guru-guru yang profesional di bidangnya. Jadi jangan malu untuk menulis dalam bahasa inggris ya~~~. 


Bagi kalian yang mau daftar di kelas TBI seperti Children, Pre Teen, Teen, Global English, Exam Preparation for TOEFL or IELTS test, Workshop, In-House Training, Private Class, Blended Learning, Online Learning and Teacher Training langsung aja aku berikan kontak dan lokasi cabangnya dibawah ini 👇


Contact Details

Info : 08122-046-937

Email : info@dago.tbi.co.id

Website : www.tbi.co.id

Instagram : tbibandung

Facebook: TBI Bandung


Lokasi Cabang TBI

- Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading

- Cibubur

- Depok

- Tangerang : BSD / Gading Serpong

- Bandung :  Dago / Festlink /  Jatinangor

- Malang


Untuk harga ga perlu takut, TBI lagi ngadain promo di bulan September 2020 lohh, Back to Campus: Special Discount 20% + lucky dip (Study Voucher, Merchandise, dll). 


Masih belum yakin? Nihh ku kasih alasan mengapa belajarnya di TBI aja.

- Berada di lokasi yang sangat strategis yaitu jalan Dago no.157. Sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Berada di dekat kampus ITB, UNIKOM, ITHB, UNISBA dll.

- Tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi serta sertifikasi Internasional.

- Sangat terpercaya untuk persiapan tes IELTS dan TOEFL.

- Program teacher training yang rutin dilakukan setiap bulannya.

- Metode dan materi pengajaran yang up-to-date.

- Terpercaya oleh banyak perusahaan - perusahaan besar.

- Terpercaya oleh beberapa universitas di Bandung untuk program wajib persiapan tes TOEFL sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa/i di Bandung.

- Practice Test TOEFL yang digunakan oleh beberapa universitas di Bandung.

- Menerapkan sistem pengajaran yang praktis, relevan, menyenangkan dan dinamis.

- Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 – 21.00.

-  Belajar dapat dilakukan dimana saja karena TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara online / digital learning.

- Biaya kursus yang terjangkau.


So langsung aja daftar dengan berbagai kelebihan dan keuntungan yang didapatkan. Pengalamanku belajar disini benar-benar membuat diriku tuh ga boleh malu-malu lagi speaking with english dan kerasa banget efeknya untuk semakin percaya diri berkomunikasi menggunakan bahasa inggris 🥰🥰.






0 komentar:

Posting Komentar

 

Michellkey Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang