Sabtu, 18 Juli 2020

Pengalaman Ikut Pelatihan Front Office Di BBPLK BEKASI












Hallo kawan-kawan my story life, kali ini aku ingin bercerita mengenai pengalaman mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Tahap 1 2020 Jurusan Pariwisata kejuruan Front Office. Aku mau sedikit cerita mengenai pelatihan yang aku jalani selama 1,5 bulan pada bulan Februari 2020 – Maret 2020. Sayangnya, pelatihanku ini berhenti selama 3 bulan lamanya ;( dikarenakan badai pandemi COVID-19. Pada akhirnya pelatihanku mulai kembali pada 6 Juli 2020 hingga 22 Juli 2020. Yuk cek kisahku dibawah ini: 


Seleksi

Aku melakukan seleksi pada bulan Januari 2020, dimana ada sekitar 400 orang yang mengikuti pelatihan ini baik non-boarding maupun boarding. Untuk bagaimana tata cara seleksinya bisa kepoin tulisanku disini.

Dapet apa aja

Setelah pengumuman, kita diharuskan mengikuti pelatihan kurang lebih 1 hingga 3 bulan tergantung dengan jurusan apa yang kalian pilih. Ada jurusan yang pelatihannya sampai 6 bulan seperti teknisi hp dan ada juga yang cuma sebulan seperti pastry. Aku sendiri mengambil bidang Front Office dengan masa pelatihan selama 1,5 bulan. Untuk pertama kali masuk aku diberikan baju pelatihan (2 pcs), kaos olahraga (1 pcs), Seminar kit (goodiebag, pulpen, penggaris, buku tulis), asuransi ketenagakerjaan, sertifikat pelatihan, sertifikat BNSP, dan tanda pengenal yang wajib dipakai saat pelatihan. BTW kita juga diberikan makan siang jadi ga ada alesan untuk ga makan hihihi. Setelah menyelesaikan pelatihan di BBPLK BEKASI, kalian akan diberikan uang transport yang jumlahnya sebesar Rp. 25.000/hari. 


Kegiatannya ngapain aja

Peserta pelatihan pada BBPLK Bekasi wajib mengikuti apel pagi yang dimulai pukul 06.30-08.00 WIB. Pada hari Selasa dan Jumat, kita bersama dengan para instruktur melakukan olahraga pagi di Lapangan BBPLK BEKASI hingga pukul 09.00 WIB. Namun setelah pandemi COVID-19 apel pagi dilakukan pada pukul 07.00-08.00 WIB dan olahraga pagi dihentikan. Tidak lupa kita diberikan masker dan face shield dalam rangka mematuhi protokol kesehatan dalam lingkungan pelatihan. 



Selanjutnya kita masuk kelas pada pukul 08.30, kebetulan kelas Front Office berada pada lantai 3 gedung perhotelan (jadi kelas perhotelan merupakan kelas yang paling ujung dan terjauh dekat dengan lapangan BBPLK dan asrama wanita untuk peserta pelatihan boarding). Kitapun belajar hingga pukul 10.00 WIB (diberikan waktu istirahat hingga 10.30 untuk coffee break). Lanjut pada jam 10.30 hingga jam 12.00 WIB belajar kembali. Berbeda halnya jika belajar di hari jumat yang keluar kelas pada 11.30 WIB dikarenakan adanya sholat Jumat bagi laki-laki beragama muslim.

Setelah selesai sholat dzuhur, kita beranjak untuk makan siang (lunch) di ruang makan BBPLK BEKASI, lokasinya dekat dengan musholla. Sebelum makan kitadibariskan dengan rapih tiap masing-masing jurusan. Lalu, kita diarahkan ke meja makan dan sudah tersedia makanan mulai dari nasi, lauk, dan buah di tiap masing-masing meja untuk 16 orang. Sebelum masa pandemi kita diberikan piring dan sendok untuk makan, namun disaat pandemi COVID-19, kita diberikan nasi kotak dan diwajibkan jaga jarak minimal satu meter sehingga dalam satu meja hanya disediakan tempat duduk sebanyak 8 buah.

Selesai makan, kita semua kembali ke kelas untuk melanjutkan pembelajaran di kelas hingga pukul 15.30 (diberikan istirahat untuk sholat ashar). Kemudian dilanjutkan kembali hingga pukul 17.00 WIB. Hal tersebut kitalakukan selama 1,5 bulan. Dengan melihat jadwal yang terstuktur, aku melihat bahwa kita sudah diajarkan dari awal untuk dispilin terhadap sebuah hal baik itu tepat waktu dan tidak korupsi waktu. Tidak lupa kita diajarkan untuk selalu 5S (Sapa, salam, senyum sopan dan santun), jadi ketika telah memasuki wilayah BBPLK BEKASI kalian wajib 5S tidak terkecuali ke siapapun itu, Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki sifat kita ketika ingin bekerja nantinya. 


Front Office belajarnya ngapain


Untuk kelas Front Office sendiri memiliki beberapa instruktur yakni Bapak Wira (selaku ketua jurusan Perhotelan BBPLK BEKASI), Miss Ira, dan Miss Annisa. Mereka semua adalah instruktur yang memiliki berbagai pengalaman di bidang perhotelan. Kita semua diajarkan untuk selalu greeting menggunakan bahasa inggris ketika mulai dan selesai kelas. Selain itu, kita selalu diajarkan untuk cek grooming setiap ingin memulai kelas mulai dari cek kerapihan baju, rambut, kerudung, kesesuaian kaus kaki, celana, wangi dan wajib menggunakan name tag.

Pada minggu pertama, kita diajar oleh bapak Wira, beliau merupakan mantan pegawai di Hotel Putri Duyung Ancol. Beliau banyak mengajarkan mengenai dasar-dasar dari front office, mengapa front office penting dalam sebuah hotel, apa yang harus dilakukan jika tamu melakukan komplain dsg. Tidak lupa kita diajarkan untuk melakukan reservasi via telepone menggunakan bahasa inggris.

Minggu kedua dilanjutkan oleh Miss Ira, beliau lulusan NHI Bandung dan juga memiliki pengalaman di bidang perhotelan. Beliau banyak mengajarkan mengenai istilah-istilah/terminologi di dalam perhotelan dan juga kelas menjadi menyenangkan karena kita terus diberikan tantangan setiap harinya seperti memainkan quizizz berupa soal-soal mengenai perhotelan dan selalu mengadakan ice breaking di sela-sela pembelajaran. 



Minggu ketiga, kami diajar oleh Miss Aanisaa Aulia dimana beliau memiliki berbagai pengalaman di berbagai hotel terkenal di Bandung dan Jakarta mulai dari menjadi Food and Beverages Services, Guest Relation Officer (GRO), Telephone Operator dll. Miss Aanissaa selalu bercerita berbagai pengalamanya ketika bekerja dihotel sehingga kita akan mendapat gambaran saat terjun langsung sebagai front office. 


Minggu Keempat, kita kembali diajar oleh Miss ira, beliau mengajarkan bagaimana reservasi menggunakan sistem Hotelogix, melakukan check in, payment, check out, handling message, request, complain dll. Kemudian di setiap sesi pembelajaran kita selalu berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris untuk mengandle tamu baik itu individual maupun grup. Minggu terakhir, kita kembali diajar oleh bapak wira yang nantinya akan diberikan beberapa kasus untuk menghandle tamu yang komplain mengenai berbagai hal dan kita wajib mencari solusinya.

Dapet sertifikat BNSP

BNSP atau biasa disebut dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, merupakan sertifikat yang penting bagi para pencari kerja maupun orang yang telah memiliki keahlian dan ingin meningkatkan kemampuannya kembali. Istilahnya BNSP ini sertifikat yang diakui secara nasional kalo kita itu kompeten dalam suatu bidang tertentu jadi kaya menjadi ukuran seseorang apakah kalian mampu atau tidak  bekerja sebagai front office secara profesional di sebuah hotel. Untuk BNSP sendiri hanya dapat diterbitkan jika kita lulus Uji Kompetensi dan akan dites lalu dinlai oleh assesor yang telah berpengalaman di bidangnya. BTW harga BNSP sendiri mahal lohh oleh karena itu usahakan untuk belajar dengan sungguh-sungguh ya ;D.

Segitu dulu ya ceritaku hari ini, bagi kalian yang ingin bertanya mengenai pelatihan ini bisa langsung komen di bawah yaaa. Terima kasihh kawan.....


Alamat BBPLK Bekasi (Cevest Bekasi)

Ouh iya bagi kalian yang mau ikutan pelatihan dari Kemnaker ini gampang banget tinggal kepoin Ignya Kemnaker Bekasi (@blkbekasi_kemnaker) dan jangan lupa like fanpage facebook BLK Bekasi Kemnaker RI untuk dapat info mengenai jadwal pelatihan yang akan dibuka. Namun bagi kalian yang rumahnya di sekitaran Bekasi, bisa juga langsung dateng ke KIOS3in1 BBPLK BEKASI di JL. Guntur Raya No.1, Bekasi Selatan. (Patokannya arah mau ke GOR bekasi, kalo naik angkot turun di depan JEC BEKASI tinggal nyebrang dan jalan 200M sampe deh di Cevest)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Michellkey Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang